Cara Asyik Mengisi Liburan Sekolah

Posted by Unknown on Wednesday, December 19, 2012


 Ujian kenaikan kelas telah usai, laporan hasil belajar selama satu semester akan segera dibagikan, dan saat yang ditunggu pun akan tiba.. liburan sekolah! Liburan sekolah merupakan saat yang membahagiakan bagi anak-anak setelah disibukkan dengan rutinitas kegiatan belajar di sekolah. Liburan juga menjadi saat untuk mendinginkan otak setelah dipaksa keras berpikir menyelesaikan soal-soal ujian kenaikan kelas.

Sudah terpikirkan kegiatan untuk mengisi liburan nanti? Apakah mengunjungi rumah nenek dan kakek? Menikmati wisata alam, atau hanya sekedar di rumah membantu pekerjaan orang tua di rumah sambil menikmati acara televisi yang biasanya dipenuhi dengan film anak-anak serta main games bersama teman-teman?

Tentu banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi saat liburan nanti. Ada beberapa kegiatan yang dapat diagendakan saat liburan nanti, apa sajakah?

1. Berkunjung ke rumah saudara

Liburan akan menyenangkan saat kita bisa kembali bersilaturahmi ke saudara dalam satu atau dua hari. Saling berkunjung akan menambah erat persaudaraan dan menyambung tali silaturahmi yang sempat terputus saat disibukkan dengan aktivitas masing-masing. Ini kegiatan yang hampir selalu disampaikan anak-anak setiap kali diminta untuk menceritakan pengalaman liburan sekolah mereka.

2. Berwisata alam

Nikmati pemandangan alam di pantai atau pegunungan akan membuat otak kita lebih segar. Alam selalu memberikan keindahan bagi penikmatnya. Berwisata alam tidak harus ditempat yang mahal. Banyak wisata alam murah yang dapat dijadikan alternatif mengisi liburan, diantaranya pergi ke sawah mengenalkan anak-anak tentang bagaimana para petani bercocok tanam, mengenal hewan dan tumbuhan apa saja yang ada di sawah sekalian memberikan pengalaman nyata pelajaran ekosistem.

3. Bermain sambil belajar

Bermain merupakan hal yang disukai anak-anak. Banyak permainan sains sederhana yang dapat dilakukan bersama-sama tanpa menyadari bahwa mereka sebenarnya telah belajar. Pengalaman nyata akan lebih berkesan daripada teori di kelas. Permainan sains sederhana yang dapat dilakukan diantaranya permainan tentang pesawat sederhana seperti tantangan mengangkat benda/batu yang berat hanya dengan sebatang kayu, memasukkan telur rebus ke dalam sebuah botol dan mengeluarkannya kembali, membuat roket air, belajar keseimbangan, permainan sulap fisika sederhana dan sebagainya. Semua jenis permainan itu dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat sederhana yang dapat ditemukan di rumah dan tidak berbahaya.

4. Berkebun

Berkebun akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak. Mendidik bagaimana mereka mencintai  dan melestarikan alam. Ajak anak untuk menanam sebuah tanaman bisa dimulai dari biji kemudian meminta mereka untuk merawat tanaman tersebut sampai tumbuh dengan baik, atau menunjukkan pada mereka cara merawat tanaman supaya dapat tumbuh dengan maksimal. Hal ini akan memberikan pengalaman nyata tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Jika tidak punya lahan yang luas kita bisa memanfaatkan pot-pot sebagai tempat tanaman.

5. Berburu buku di toko buku atau pameran buku

Buku merupakan gudang ilmu. Jika anak gemar membaca dan menyukai pengetahuan baru, pasti akan sangat menyenangkan jika mereka diajak ke toko buku atau pameran buku yang biasanya digelar saat liburan. Dampingi mereka untuk memilih buku yang bermanfaat dan membelinya untuk dibaca di rumah sebagai pengisi waktu liburan.

6. Kunjungan ke perpustakaan

Jika tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk membeli buku, ajaklah anak ke perpustakaan wilayah yang menyediakan  buku anak-anak dalam jumlah banyak dan bervariasi. Dampingi mereka untuk memilih buku yang disukai dan membaca bersama di perpustakaan. Kunjungan ke perpustakaan merupakan salah satu cara mendidik anak untuk gemar membaca.

7. Kunjungan ke panti asuhan

Ajaklah anak untuk berbagi dengan saudara-saudara yang kurang beruntung di panti asuhan. Selain menanamkan sikap berbagi juga mendidik anak untuk senantiasa bersyukur.

8. Kunjungan ke tempat bersejarah dan museum

Museum terlihat sangat membosankan, padahal sebenarnya banyak ilmu yang dapat ditemukan anak-anak di sana. Jika kesulitan dalam menjelaskan pada anak mengenai sejarah dan isi museum, kita bisa meminta bantuan tour leader yang ada.

9. Outbond

Melakukan aktivitas motorik sangat disukai oleh anak-anak, selain menguji ketangkasan dan kecerdasan anak, outbond juga bisa dijadikan ajang kompetisi sederhana dan membentuk jiwa kerja sama anak jika dilakukan dengan banyak teman. Namun demikian tetap harus dalam pengawasan orang tua dan pastikan fasilitas outbond aman bagi aktivitas anak.

10.  Liburan di rumah

Siapa bilang liburan di rumah membosankan? Ajaklah anak untuk bersama-sama merapikan dan membersihkan rumah, misalnya menata kembali ruang kamar anak untuk memberikan suasana baru. Selain membuat rumah dan kamar menjadi bersih dan rapi, menata kamar sendiri juga akan mendidik anak untuk bertanggung jawab atas kerapian dan kebersihan kamar pribadi. Membuat hasil karya di rumah misalnya membuat keterampilan tangan bersama dan memajang hasilnya di rumah. Menonton koleksi album film anak-anak atau bermain playstation bersama di rumah. Melakukan hobi bersama akan menambah kedekatan hubungan orang tua dengan anak.

Tentunya masih banyak lagi kegiatan liburan yang dapat dilakukan. Intinya adalah isi liburan dengan kegiatan yang asik dan menyenangkan bersama-sama dengan bimbingan orang tua. Selamat menikmati liburan yang menyenangkan sehingga kembali segar saat memulai aktivitas belajar di tahun ajaran baru.

{ 0 comments... read them below if any or add comment }

Post a Comment

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot